Kampung Labu Kubong : Alam Akan Mengghidupi Liburanmu

4:51 PM

Kampung Labu Kubong | Jaraknya kurang lebih 243 KM dari Kuala Lumpur. Kampung Labu Kubong, berada Kuala Kangsar, Negeri Perak, Malaysia. Menjadi tujuan saya dan teman-teman lainnya di-event Asean Media Bloggers Tourism Hunt 2017.

Menelusuri sawah Kampung Labu Kubong
Menelusuri sawah Kampung Labu Kubong. Image @tourismhunt.my

Di kali ke dua event Asean Media Bloggers Tourism Hunt 2017 yang saya ikuti ini (sebelumnya tahun 2015), hal yang terulang adalah kita kembali menjelajah negara ini dengan menyetir. Dan kali ini tunggangan Proton Exora Bold yang buat perjalanan panjang itu tak terasa melelahkan.

Kampung labu kubong ini merupakan sebuah desa wisata, dan warganya sudah sangat cerdas dan sadar wisata. Mereka akan menyambutmu dengan ramah dan cinta begitu engkau tiba dan mengetuk pintunya.

Sambutan warga kampung Labu Kubong
Sambutan warga kampung Labu Kubong. Image @tourismhunt.my

Sebelumnya aku berfikir, bagaimana bisa perkampungan dengan sawah, sungai peternakan dan kebun bisa jadi tempat wisata? Aku yang tumbuh besar berada dilingkungan seperti ini awalnya berfikir, apa yang menarik dari ini semua? Dan perrtanyaan itu terjawab saat aku sudah selesai menjelajah kampong ini dari sawah sungai kebun hingga peternakan lebahnya yang di bungkus ramahnya warga.

Disuguhi senyum ramah dan air tebu, warga dengan pakaian tradisional diiringi musik dan tarian menyambut kami (tamu) dengan hangat. Sebuah awal dari liburan yang menyenangkan. Cemilan tradisional dan kerajinan khas yang di buat sendiri oleh warga dari barang bekas maupun bahan dari alam di perkenalkan mereka.

Pemandangan di Kampung Labu Kubong
Pemandangan di Kampung Labu Kubong .Image @tourismhunt.my

Leader kemudian berseru, silahkan ganti pakaian dan kenakan sarung. Itu seperti tanda petualangan akan di mulai. Di benakku kita akan langsung nyebur ke sawah. Ternyata kita di bawa menyebrangi pematang sawah dan kemudian beristirahat sejenak di sebuah halaman rumah tradisional. Akupun mengambil beberapa gambar jump shot di sini.

Jump shot di depan rumah warga kampung labu Kubong
Jump shot di depan rumah warga .Image @ceritajimmy

Sangat tidak aku sangka, tiba-tiba seorang kakek keluar dari rumah itu, kemudian dia menyapa dan mempersilahkan masuk kalau mau lihat-lihat isi rumahnya atau mau berfoto di dalam rumah. Kagetlah aku, warganya ternyata sangat ramah. Disini mereka menganggap tamu itu seperti keluarga

Keliling kampung pun dilanjutkan dengan memanen madu dari sarangnya langsung dan men-deres karet.

Di akhir perjalanan yang sangat tak di sangka, kami semua di ajak masuk ke lumpur sawah pasca panen untuk melakukan permainan tarik upeh. Duduk di atas daun pinang dan kemudian seorang teman menariknya, dan itu di lumpur.

"Tarik upeh itu, sangat berat kawan".


Permainan tarik upeh
Permainan tarik upeh .Image @tourismhunt.my

Keram otot tanganku karena bersusah payah menarik temanku pun akhirnya terbawa di saat kelompok kami menjadi juara ke 3 dalam pertandingan ini.

Kecerian ini pun semangkin sempurna di saat kami mandi bersama di aliran air persawahan yang belum tercemar. Air yang sejuk membersihkan lumpur dari permainan tarik upeh dan menghanyutkan keram otot karena kelelahan menarik pelepah pinang yang di tumpangin manusia.

Mandi di saluran air kampung labu kubong
Mandi di saluran air. Image @tourismhunt.my
Sederhana, liburan di pedasaan yang tenyata sangat berkesan. Banyak pengetahuan, hal baru dan keseruan yang bisa di rasakan.

Kampung labu kubong, kampung wisata yang akan membuatmu kembali rindu dan ingin kembali lagi saat engkau sudah merasakan hangatnya.

You Might Also Like

0 komentar

Comments
0 Comments